Jumat, 12 Agustus 2011

Sehat Dengan Bekam

Pernahkah sobat mendengar kata bekam? Dua hari yang lalu aku melakukannya, karena bekam merupakan salah satu bentuk terapi pengobatan populer sesuai sunnah rasulullah SAW. Bekam atau dalam bahasa arab dikenal dengan hijamah merupakan suatu bentuk terapi untuk mengeluarkan darah kotor (toksid/racun) dan angin yang berada di daerah kulit tubuh manusia dengan cara menyedotnya. Bekam bukan sekedar membuang darah kotor atau angin saja, tetapi lebih dari itu adalah untuk kesehatan secara menyeluruh. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya kita mengetahui apa itu toksid serta darah kotor?
Toksid/toksin adalah endapan racun/zat kimia yang tidak bisa diurai oleh tubuh. Toksid dalam tubuh manusia dapat berasal dari:
1. Pencemaran udara
2. Makan makanan siap saji (fast food) karena mengandung zat kimia yang tidak baik untuk tubuh seperti pengawet, pewarna, essense, penyedap rasa, dan sebagainya
3. Hasil pertanian seperti pestisida (insektisida, fungisida, herbisida)
4. Kebiasaan buruk (bad habit) seperti merokok, makan dan tidur tidak teratur
5. Obat-obatan kimia, karena mempunyai efek merusak organ atau mikroba yang normal dalam tubuh.
Darah kotor adalah darah yang mengandung toksid/racun, atau darah statis yang menyumbat peredaran darah sehingga sistem peredaran darah tidak dapat berjalan lancar. Kondisi ini sedikit demi sedikit akan mengganggu kesehatan, baik fisik maupun mental. Akibatnya tubuh kita akan terasa lesu, murung, resah, linu, pusing, cepat bosan, dan mudah naik pitam (cepat marah). Ditambah lagi dengan angin yang sulit dikeluarkan dari dalam tubuh, akibatnya tubuh akan mudah terkena penyakit.
Terdapat banyak faktor yang menyebabkan darah statis, yaitu:
1.Darah statis yang diakibatkan oleh kecelakaan sewaktu di dalam rahim dan sewaktu dilahirkan.
2.Darah statis yang bersumber dari trauma penderitaan fisik, seperti kecelakaan, keseleo, berkelahi, kena cubit, kena tendang, kena rotan, dan sebagainya.
3.Darah statis akibat perbuatan sendiri, seperti mengangkat beban berat, penggunaan pakaian ketat, ikat kepala yang berkepanjangan.
4.Darah statis yang bersumber dari emosi yang tidak terkawal. Kemarahan, ketakutan, kesedihan, kesayuan, dan kerisauan menyebabkan pengeluaran adrenalin berlebihan yang dapat membahayakan metabolisme tubuh.
5.Darah statis yang diakibatkan oleh diet yang tidak seimbang, kegemukan, sering sembelit, dan pencemaran alam sekitar.
Dengan demikian darah statis harus dikeluarkan dengan cara apapun. Namun sistem pengobatan allopathy (konvensional) tidak dapat bertindak demikian. Jadi, kita harus mencari pengobatan yang dapat bertindak mengeluarkan toksid-toksid tersebut secara cepat agar tubuh tidak lemah dan mudah diserang berbagai penyakit. Salah satu caranya adalah dengan berhijamah (berbekam).
Lalu apa manfaat dari bekam ini?
Ada banyak manfaat bekam, antara lain:
- Melancarkan peredaran darah, meringankan badan.
- Mengobati masuk angin, darah tinggi, kolesterol, stroke, jantung, asam urat, sakit pinggang, liver, gatal-gatal, migrain, sakit kepala, sakit mata, impotensi, sinusitis, jerawat, ambeiyen, maag.
- Insomnia, stress, sering mimpi buruk, sering kesurupan, Trauma, rasa takut yang berlebihan, narkoba, kurang gairah.
- Mengeluarkan toksid, angin dan kolesterol berbahaya dalam tubuh.
- Memulihkan fungsi tubuh.
- Menajamkan penglihatan.
- Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.
- Memperbaiki sistem imunitas.

Silahkan dicoba untuk merasakan manfaatnya serta menjalankan salah satu sunnah rasul ini, semoga bermanfaat, amin ^_^

Diambil dari berbagai sumber...

Artikel Yang Berhubungan:

0 komentar:

Posting Komentar

 
" Blog Pelajar yang selalu ingin belajar "